Sabtu, 22 Desember 2018

Dua Tipe Orang Kristen Hidup di Dunia

POKOK BAHASAN : Perbedaan kehidupan di dalam orang Kristen

TEMA : Dua Tipe Orang Kristen Hidup di Dunia
SUBYEK : Orang Kristen
NATS : Yohanes 15:1-8
PENULIS : Nahason ...

PEMBUKAAN:
Saudara yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.
Mengapa beberapa orang hidup di dalam dosa, bahkan dalam orang kristen itu sendiri? Suatu pertanyaan yang membekas dalam pikiran saya ketika melihat dan mendengar suatu berita-berita di televisi. Seorang anggota pemerintahan yang memiliki harta melimpah, kedudukan yang tinggi, dan disegani masyarakat. Tapi orang hebat ini jatuh ke dalam korupsi dan dipenjara. Bahkan diantara mereka yang sangat religius dan hidup keagamaannya berkualitas. Tapi tersandung masalah korupsi. Mengapa hal ini terjadi saudara?
Orang yang melekat pada Kristus Menghasilkan Buah
  - Sumber danielnugroho.com

BACA ALKITAB :
Untuk mengawali dan menjawab pertanyaan ini, Mari kita baca dalam nats injil Yohanes 15:1-8. Injil Yohanes 15:1-8 Demikianlah Firman Tuhan

LATAR BELAKANG:

Pohon Anggur merupakan pohon yang sangat dikagumin dan dibudidayakan di daerah timur tengah, khususnya daerah Palestina dan Israel. Pohon anggur memilikii banyak sekali manfaat. Buah anggurnya sendiri dapat dijadikan minuman, camilan sehari-hari, dan bahkan obat. Pemilik kebun anggur bukanlah orang sembarangan serta perawatan pohon anggur harus dirawat dengan baik.

Pohon anggur memiliki banyak sekali ranting yang melekat pada batang pohon Anggur. Jika sebuah ranting berbuah, maka ranting tersebut akan selalu diperhatikan oleh pemilik kebun, karena ranting berbuah sangat bernilai. Namun jika ranting tidak berbuah, pemilik kebun hendak memotongnya karena tidak mungkin berbuah didalamnya. Sebuah ranting dalam pohon anggur dapat menghasilan puluhan buah anggur. Sedangkan ranting yang tidak berbuah tidak menghasilkan apa-apa dan layak untuk dipotong dan dibuang.

Kita ketahui bahwa ada perbedaan yang mencolok dari kualitas kedua ranting tersebut. Ranting yang berbuah menghasilkan buah dan dibersihkan, sedangkan ranting yang tidak berbuah tidak menghasilkan buah dan dibuang. Perbedaan kualitas inilah mendapatkan perilaku yang sangat berbeda dari pemilik kebun anggur. Demikian juga kehidupan orang saat ini. Kita akan melihat suatu perbedaan yang mencolok didalamnya.

TEMA :

Perbedaan yang sangat besar dapat terlihat dari kualitas kehidupannya. Perbedaan mencolok ini mulai memisahkan 2 tipe orang yang hidup di dunia ini. Kita tahu bahwa ada kualitas dari dua orang berbeda, yang pertama ialah orang yang hidup diluar kristus, dan orang yang kedua ialah orang yang hidup di dalam Kristus.


ISI :

Sehingga kita pada pagi hari ini, kita akan belajar mengenai dua orang seperti ini di dalam nast injil Yohanes ini, yakni :

1. Orang yang hidup diluar kristus (Yohanes 15 : 2,6)

Siapakah orang yang hidup di luar Kristus?
Orang yang hidup di luar kristus saudara orang yang tidak mengerti akan kebenaran firman Tuhan, dan tidak mengenal siapa diri sebenarnya. Contohnya seperti orang-orang atheis yang belum mengenal TUHAN dan menganggap bahwa tidak ada Tuhan di dunia ini. Menurut atheis sendiri percaya bahwa Allah dulu pernah hidup, tetapi mati dalam tubuh Yesus Kristus. Demikianlah orang yang hidup di luar Kristus. Mereka tidak percaya akan keberadaan Kristus di dalam kehidupan mereka. Sehingga hidup diluar Kristus.

Mengapa mereka hidup di luar Kristus ?
Karena mereka sudah menganggap diri mereka sudah pandai dan tidak lagi memerlukan kebenaran Firman Tuhan saudara. Mereka mempergunakan otak mereka untuk menjalani hidup dan menentang Firman Tuhan. Mereka menggunakan kekuatan manusia mereka. Mereka hidup jauh dari hadapan Kristus. 

Orang yang hidup di luar kristus seperti, TIDAK MENGHASILKAN BUAH APAPUN. Mengapa orang itu tidak menghasilkan buah saudara? Karena mereka tidak hidup sungguh-sungguh melekat di dalam Kristus, dan mereka sama seperti ranting yang tidak melekat pada pohon itu, dan pada akhirnya ranting itu menjadi busuk dan tidak akan mungukin berbuah lagi, tetapi apa yang terjadi pada ranting itu saudara? Ranting itu menjadi kering dan layak untuk di bakar saudara. Dan seperti itu juga kita sebagai manusia jikalau hidup kita di luar kristus kita tidak akan berbuah dan tidak bisa bertumbuh, mereka layak 

Nah saudara yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Kita janganlah seperti orang mereka yang hidup seenaknya sendiri. Mereka tidak pernah mengandalkan kristus di dalam hidup mereka. Dan Mereka tidak pernah bersekutu sepenuhnya dengan Kristus. Dan Mereka tidak mengandalkan kekuatan Tuhan, melainkan kekuatan diri mereka sendiri. Sehingga mereka tidak berbuah sepenuhnya bersama dengan Tuhan. Mereka tidak memiliki Kristus di dalam hidup mereka. Dan Layak untuk hidup dalam perapian kekal bersama dunia ini.

Ilustrasi di dalam Alkitab (Lazarus, Mereka orang kaya, punya banyak harta, pengetahuan, dll, tapi tidak sepenuhnya mengandalkan Tuhan, mereka layak masuk ke dalam perapian)

Bagaimana kita dapat memuliakan nama Tuhan jika kita hidup diluar kristus Yesus? Pikirkanlah sekali lagi saudara.


Yang kedua ialah orang yang hidup di dalam Kristus.

2. Orang yang hidup di dalam kristus (Yohanes 15 : 5)

Saudara yang terkasih di dalam nama Tuhan yesus kristus, disini kita mempelajari bagaimana cara dan kualitas dari orang yang hidup di dalam Kristus. Sebelumnya 

Siapakah yang hidup di dalam kristus ?
Orang yang hidup di dalam kristus adalah orang kristen yang sungguh-sungguh tinggal melekat pada Kristus. Mereka menghandalkan sepenuhnya kekuatan kristus di dalam kehidupan mereka. Mereka sangat melekat di dalam kristus. Orang yang hidup di digambarkan seperti ranting yang berbuah. Bahkan akan berbuah banyak di dalam orang tersebut. Amin Saudaraku.

Bagaimana Cara Kita Hidup dalam Kristus?
1. Rela Dibersihkan oleh Tuhan (ay. 2-3)
Rela dibersihakn dimaksudkan oleh Yesus Kristus ialah Firman Tuhan agar dibersihkan lebih baik lagi. Sebab Firman Tuhan ialah firman yang hidup yang dapat menumbuhkan Rohani seseorang yang melekat pada kristus.

Kita melihat persamaan dari pembersihan ranting dengan pembersihan oleh Firman Tuhan. Pemilik kebun anggur ketika melihat ranting yang berbuah, pasti akan merawatnya dengan sungguh-sungguh. Demikianlah juga orang di dalam Kristus Yesus. Mereka akan dibersihan oleh Firman Tuhan yang hidup.

Disamping pembersihan oleh Firman Tuhan, kita disini juga dibentuk dengan pembentukan karakter. Pembentukan karakter ini penting bagi orang di dalam Kristus. Salah satu hal nyata sederhana terlihat ialah peraturan asrama, dan kedisiplinan. Peraturan asrama dan kedisiplinan ini bukan bermaksud jelek kepada saudara sekalian, tapi bermaksud agar menjadikan kita lebih dewasa dan berbuah banyak didalam Kristus Yesus.


2. Hidup Sepenuhnya melekat di dalam Tuhan (ay 4-5)
Setelah kita dibersihkan oleh Firman Tuhan, kita juga harus melekat pada pokok anggur atau pohon anggur yang benar. Kita harus sepenuhnya hidup melekat di dalam Tuhan Yesus Kristus. Bergantung pada Tuhan sepenuhnya. Melekat sepenuhnya dalam Kristus.

Hidup melekat dimaksud ialah bahwa Yesus Kristus ada di dalam kamu. Hidup seorang yang tinggal di dalam kristus ialah dicirikan bahwa Kristus hidup tinggal di dalam orang tersebut. Sebab orang di dalam Kristus. Kristus tinggal di dalam orang tersebut. Sebab orang di luar kristus, maka orang yang tidak dapat menghasilkan apa-apa, tidak menghasilkan buah apa-apa, dan tidak berbuat apa-apa.

Bagaimana orang bisa hidup melekat di dalam Kristus, orang tersebut menghandalkan Kristus dan Kristus di dalamnya. Bagaimana orang di dalam kristus harus sering berdoa, membaca Firman Tuhan, memuliakan Tuhan dalam kehidupan mereka, dan tidak terlepas dari pokok anggur.


3. Firman Allah dan Tuhan menyatu di dalamnya (7)
Jika kita menyatukan pembersihan firman Tuhan dengan penyatuan Firman Tuhan. 

Orang yang hidup di dalam kristus, Akan memiliki buah yang lebih banyak, Karena itu saudara Tuhan Yesus adalah sumber kehidupan, kekuatan, kesehatan dan anugrah maka dari saudara kita sebagai orang percaya harus tinggal di dalam kristus. Karena saudara jikalau kita terlepas dari kristus, sama artinya kita seperti ranting yang tidak berbuah lalu di buang dan di bakar kedalam api saudara. Saudara mulai sekarang kita harus memelihara hubungan kita dengan kristus, melaui doa, baca Alkitab dan taat kepada firman-Nya, dan kita akan menjadi saksinya dan serta memengkan jiwa-jiwa yang belum percaya. Jikalu kita memperhatikan bahwa orang sedemikian itu akan berbuah lebat, jika sudah apa yang di firmankan Tuhan kepada saya dan saudara.

PENUTUP :

Kesimpulan kita pada pagi hari ini saudara, kita jangan seperti orang hidup di luar Kristus dan kita harus melekat sepenuhnya di dalam kristus agar menghasilkan buah yang banyak. Serta kita siap untuk dibentuk.

TUGAS :

Tugas Pendengar : Mari kita merenungkan sekali lagi tema Firman Tuhan pada pagi hari ini, dan katakan kepada teman di samping. Apakah saudara sudah siap untuk dibentuk, dan dibersihkan agar menghasilkan buah yang banyak? PR untuk kita masing-masing menjawab dalam hati kita.