Jumat, 03 Juli 2020

Analisa Sederhana Pengakuan Iman Westminster (1647) Bab 12

Sebagai salah satu Pengakuan Iman Westminster yang hadir pada tahun 1647. Dan terus diharapkan untuk dapat melayani gereja yang ada di abad ke-21. Berikut merupakan analisa yang disandur dalam buku karya G. I. Williamson berjudul Pengakuan Iman Westminster yang ada di website Momentum. Jadi jika ingin membaca details lebih lengkapnya alangkah baiknya untuk membuka dan membeli di website Momentum.

Westminster
Westminster
Gambar oleh Pexels dari Pixabay --- Westminster
Sebelumnya merupakan Analisa Sederhana Pengakuan Iman Westminster (1647) Bab XI.

Berikut di bawah ini Analisa sederhana dari Pengakuan Iman Westminster Bab XII mengenai Adopsi

Bab XII Adopsi

1. Bagi semua orang yang dibenarkan, Allah bersedia untuk menjadikan mereka sebagai pengambil bagian dalam anugerah adopsi di dalam dan untuk Anak-Nya yang tunggal, Yesus Kristus. Dengan anugerah adopsi ini, mereka terhitung sebagai anak-anak Allah dan menikmati kemerdekaan dan hak-hak khusus anak-anak Allah; mereka mendapatkan nama Allah pada diri mereka, menerima Roh adopsi, mendapatkan jalan untuk menuju takhta anugerah dengan berani dimampukan untuk berseru: Abba, Bapa; dikasihi, dilindungi, dipelihara, dan diajar oleh-Nya sebagaimana oleh seorang Bapa, tetapi tidak akan pernah dilepaskan, melainkan dimeteraikan untuk hari penebusan, dan mewarisi janji-jani sebagai pewaris keselamatan kekal. 

Analisa Bab XII artikel 1
Bagian Pengakuan Iman ini mengajarkan kepada kita :
  1. bahwa mereka dipanggil secara efektif (dilahirbarukan agar bisa menanggapi Injil) dan dibenarkan (dinyatakan benar oleh Allah) juga telah menerima anugerah adopsi
  2. bahwa adopsi berkaitan erat dengna kelahiran baru dan pembenaran, tetapi berbeda dari kedua hal tersebut, dan;
  3. bahwa mereka yang dipanggil dijadikan anak-anak Allah yang hidup.


Next Lanjut pada Analisa Sederhana Pengakuan Iman Westminster Bab XIII.

Sumber :
Williamson, G. I. 2017. Pengakuan Iman Westminster. Surabaya: Momentum.

Sumber :
Gambar oleh Pexels dari Pixabay --- Westminster