Jumat, 03 Juli 2020

Analisa Sederhana Pengakuan Iman Westminster (1647) Bab 13

Sebagai salah satu Pengakuan Iman Westminster yang hadir pada tahun 1647. Dan terus diharapkan untuk dapat melayani gereja yang ada di abad ke-21. Berikut merupakan analisa yang disandur dalam buku karya G. I. Williamson berjudul Pengakuan Iman Westminster yang ada di website Momentum. Jadi jika ingin membaca details lebih lengkapnya alangkah baiknya untuk membuka dan membeli di website Momentum.

Westminster
Westminster
Gambar oleh Pexels dari Pixabay --- Westminster
Sebelumnya merupakan Analisa Sederhana Pengakuan Iman Westminster (1647) Bab XII.

Berikut di bawah ini Analisa sederhana dari Pengakuan Iman Westminster Bab XIII mengenai Pengudusan

Bab XIII Pengudusan

1. Orang-orang yang telah dipanggil secara efektif dan dilahirbarukan, sehingga memiliki hati yang baru dan roh yang baru yang diciptakan di dalam diri mereka, selanjutnya dikuduskan secara riil dan pribadi, melalui manfaat kematian dan kebangkitan Kristus, oleh firman dan Roh-Nya yang tinggal di dalam mereka. Kuasa dosa atas segenap tubuh dihancurkan dan beberapa nafsu semakin diperlemah dan dimatikan, dan orang-orang yang dipanggil ini semakin dihidupkan dan dikuatkan di dalam semua anugerah yang menyelamatkan untuk melakukan kekudusan sejati, yang tanpanya manusia tidak akan dapat melihat Allah.
2. Pengudusan ini bersifat menyeluruh di dalam keseluruhan diri manusia, akan tetapi tidak sempurna di dalam kehidupan ini. Masih terdapat sisa kerusakan di setiap bagian, dan dari sanalah timbul perang yang terus-menerus dan yang tidak dapat didamaikan: daging bernafsu melawan Roh, dan Roh melawan daging.
3. Di dalam perang ini, meskipun kerusakan yang tersisa bisa lebih unggul untuk waktu tertentu, akan tetapi, melalui pemberian kekuatan secara terus-menerus dari Roh Kristus yang menguduskan, bagian yang telah lahir baru psti menang, dan dengan demikian, orang-orang kudus bertumbuh di dalam anugerah, menyempurnakan kekudusan dalam takut akan Allah.

Analisa Bab XIII Artikel 1 - 3
Bagian Pengakuan Iman ini mengajarkan kepada kita :
  1. bahwa natur yang dilahirbarukan di dalam diri orang percaya dimampukan oleh Firman Allah dan Roh Kudus yang bertumbuh;
  2. bahwa dalam pertumbuhan ini, orang percaya semakin lama semakin mati terhadap dosa dan semakin lama semakin hidup bagi kebenaran;
  3. bahwa karya pengudusan ini terjadi dalam keseluruhan dari manusia; 
  4. bahwa karya ini tidak pernah sempurna dalam kehidupan ini (artinya, kemenangan sempurna atas dosa tidak didapatkan di dalam kehidupan sekarang ini), tetapi;
  5. bahwa suatu kemajuan sejati terjadi, di mana di dalam diri orang percaya tersebut benar-benar terjadi pergumulan menuju kekudusan sempurna yang lahir dari rasa takut akan Allah.

Next Lanjut pada Analisa Sederhana Pengakuan Iman Westminster Bab XIV - XV.

Sumber :
Williamson, G. I. 2017. Pengakuan Iman Westminster. Surabaya: Momentum.

Sumber :
Gambar oleh Pexels dari Pixabay --- Westminster