Senin, 10 Desember 2018

Kenapa Alkitab Perlu Dibaca Setiap Hari?

POKOK BAHASAN : Alkitab berkuasa dalam kehidupan
TEMA : Mengapa Kita Harus Membaca dan Mendalami Alkitab?
SUBYEK : Alkitab
NATS : 2 Timotius 3 : 10-17
PENULIS:
Nahason Bastin

PEMBUKAAN

Pernahkah Saudara-saudara membaca Alkitab? Pasti kita selalu sering dan pernah membaca dan mendengarkan isi dari Alkitab itu sendiri. Tetapi apa yang saudara baca yakin sepenuhnya mengubah hidup saudara? Itulah yang menjadi pertanyaan yang paling mendasar untuk kita renungkan pada pagi hari ini.
Hanya Alkitab, Sola Scriptura - orthochristian.com


BACA ALKITAB 

Mari saudara-saudara, kita membaca pada Alkitab kita masing-masing pada 2 Timotius 3 : 10-17, di dalam 2 Timotius 3 : 10 – 17.

VOTUM

Berbahagialah orang yang mendengar, membaca, mempelajari, menghafalkan, dan merenungkannya. Tetapi yang lebih berbahagia ialah orang yang melakukan kebenaran Firman Tuhan.

LATAR BELAKANG

Saudara-saudaraku, Surat Timotius ini ditulis oleh Paulus. Timotius adalah seorang anak didikan Paulus. Timotius terdidik secara rohani oleh Keluarganya, terutama Ibunya yang seorang Kristen Yahudi. Timotius dididik untuk membaca Firman Tuhan setiap hari oleh keluarganya. Sehingga Timotius menjadi orang Kristen yang benar-benar tangguh.

Hadapan yang dihadapi Timotius saat ini ialah ajaran sesat yangterjadi di dalam jemaat yang ia layani serta keadaan manusia di jaman itu, Saudara dapat membacanya di surat 2 Timotius ini. Sehingga Sebagai Bapak Pendidik, Rasul Paulus memberi dorongan Timotius untuk tetap memegang pada kebenaran yang benar serta membaca dan memdalami Alkitab adalah Firman Allah.

Demikian juga kehidupan orang kristen jaman sekarang, kita disebut sebagai orang Kristen tapi kita tidak pernah bahkan jarang membaca Alkitab. (2 Timotius 3 : 1 – 9) Kenapa kita disebut orang percaya kalau diri kita sendiri jarang membaca dan mendalami Alkitab itu. Oleh sebab itu pada pagi hari ini, saya sebagai manusia biasa ingin mengajak saudara untuk lebih tekun kembali dalam pembacaan dan pendalaman Firman Tuhan ini.

TEMA
Jadi Tema Firman Tuhan pada pagi hari ini kita akan belajar mengenai Alkitab. Tema kita adalah Mengapa kita harus membaca dan mendalami Alkitab? Sekali lagi

KALIMAT KUNCI

Nats 2 Timotius 3 : 10 – 17 ini berbicara akan mempelajari 3 hal sangat penting mengenai Alkitab agar saudara semakin giat dalam pembacaan dan pendalaman Alkitab adalah Firman Tuhan

ISI 

Mengapa kita harus membaca dan mendalami Alkitab, hal pertama ialah karena

1. Karena Alkitab Sumber Pengetahuan (ayat 15a, 16a)

Banyak diantara orang Kristen lupa akan namanya sumber pengetahuan dari segala pengetahuan. Kita orang kristen lebih cenderung mengatakan bahwa Alkitab adalah sumber pengetahuan dari teologi saja. Bahkan hanya dipakai oleh guru agama maupun pendeta saja. Itu hal yang sangat keliru. Tidak ada pengetahuan yang tidak berasal dari Alkitab dan Allah sendiri. Sebab Alkitab adalah Firman Allah.

Beberapa ilmuwan Kristen berkeyakinan bahwa sumber segala sumber pengetahuan berasal dari Alkitab. Mulai dari alam bahkan berlanjut hingga teknologi dan astronom yang kita tahu dan pakai saat ini. Seorang penemu Komputer, Charles Babbage dan Bailse Pascal. Mereka seorang yang shaleh dan hidupnya oleh Alkitab. Mereka mencoba bagaimana memuliakan Allah melalui apa yang beliau ciptakan dengan komputer. Bahkan dalam karya Pascal memasukan pola Teologi dalam bukunya. Demikian juga ilmuwan-ilmuwan lainya.

Saudara-saudara yang kekasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Alkitab merupakan sumber dari segala sumber pengetahuan yang ada. Jika ada pengetahuan yang menentang Alkitab, maka mereka bukanlah orang Kristen yang sungguh-sungguh. Seorang Kristen adalah seorang raja dan Alkitab ini memberikan pengetahuan yang luas di dalam kehidupan saudara semua.

Alkitab adalah Firman Tuhan, Alkitab adalah sumber pengetahuan dan yang menciptakan sumber pengetahuan. Apakah Saudara telah membaca dan mendalami isi Alkitab Setiap hari? Sebab dikatakan dalam ayat 15a bahwa “memberikan hikmat kepadamu” dan dilanjutkan pada ayat 16a “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar”. Sehingga secara langsung Alkitab memberikan penjelasan dan hikmat pengetahuan bagi orang yang membacanya. Sehingga saudara-saudara seberapa pentingkah kita membaca Alkitab ini? Jawabannya sangat penting untuk dibaca.

Mengapa kita harus membaca Alkitab? karena sumber pengetahuan, pengikut Kristus akan cerdas, akan lebih berhikmat, dan akan lebih dari orang di dunia. Percayalah Alkitab yang Diilhamkan Allah akan memberikan hikmat, pengetahuan, dan pengharapan yang lebih kepada Allah. Para pengikut Kristus ialah pemenang dari segala bidang yang ada. Ingatlah apa yang dikatakan dituliskan dalam kitab Amsal 6 : 2 bahwa Tuhan yang memberikan kita Hikmat dan melalui Firmannya, kita akan menjadi orang pandai dan berhikmat di dunia..


Mengapa kita harus membaca dan mendalami Alkitab, hal kedua ialah karena

2. Karena Alkitab menuntun kita dalam Keselamatan (ayat 16b-16)

Kita mengerti bahwa iman adalah dasar kita untuk diselamatkan dari belenggu dosa. Dari mana kita tahu bahwa keselamatan hanya ada dalam iman ialah berasal dari Alkitab, yakni beriman sepenuhnya di dalam Kristus. Tidak ada kitab dan buku manapun yang mengajarkan kita untuk ke Surga melalui iman kita kepada Yesus Kristus selain daripada Alkitab itu sendiri.

Kita tahu bahwa keselamatan hanya ada di dalam Yesus Kristus. Dalam Kisah Para Rasul 4 :12 menegaskan bahwa Tidak ada keselamatan di dalam siapapun. Sehingga darimana kita tahu keselamatan itu hanya beriman kepada Kristus, hanya di dalam Alkitab itu sendiri.

Suatu saat saya ditanya dosen mengenai keselamatan, Dosen itu bertanya kepada saya, darimana kita tahu kita dapat ke surga? Saya jawab, kita dipilih oleh anugerah khusus oleh Allah. Namun dosen itu bertanya kepada saya lagi, dari mana kita tahu kita dipilih oleh Allah? Saya pun diam dan bingung untuk menjawab, Akhirnya Pak dosen itu menegaskan bahwa kita tahu keselamatan itu hanya di dalam Kristus Yesus, dipilih oleh Allah hanya di dalam Alkitab.

Sehingga Saudaraku pada pagi hari ini, maukah kita membaca dan mendalami Alkitab lebih dalam lagi?


Mengapa kita harus membaca dan mendalami Alkitab, hal ketiga ialah karena

3. Alkitab dapat memperbaiki kelakuan (ayat 16b-17)

Alkitab adalah Firman Tuhan dan dapat memperbaiki kelakuan kita. Segala sumber kebaikan dan moral ada di dalam Alkitab. Mengapa Alkitab dapat memperbaiki kelakuan kita? Karena Alkitab menjelaskan perbedaan yang benar dari yang salah. Sehingga oleh karena itu kita dapat membedakan manakah yang baik dan yang salah.

Oleh Dorongan Roh Kudus kita diperbaharui setiap hari. Kepada kelakuan yang baik. Setiap kita membaca dan mendalami Alkitab, Roh Kudus bekerja dalam hidup saudara. Sehingga oleh karenanya kita menjadi masyarakat yang baik, masyarakat yang terang, dan masyarakatan yang dipandang luar biasa oleh orang diluar sana.

Ada satu orang Amerika yang luar biasa, dia adalah Abraham Lincoln. Abraham Lincoln karena memberikan Alkitab Gratis kepada Sejuta Umat. Banyak orang yang diberikan Alkitab mulai membaca Alkitab. Hingga tiba di suatu saat diaman ia memberikan pernyataan bahwa tidak ada buku lain dan kitab manapun yang dapat memberikan kita kelakuan baik, memberdakan antara yang benar dan yang salah. Namun hanya buku (Alkitab) ini yang memjelaskan itu semua.

Maukah saudara membaca dan mendalami Alkitab ini adalah Firman Allah?


PENUTUP

Sehingga sangatlah jelas bahwa Alkitab adalah Firman Allah yang harus kita baca dan dalami setiap hari. Karena Alkitab adalah sumber pengetahuan, karena Alkitab menuntun kita kepada Keselamtan, dan Alkitab dapat memperbaiki kelakuan hidup kita agar kita menjadi orang yang kuat dalam iman. Kita adalah raja yang memerintah bersama Yesus Kristus di dunia ini.

TUGAS

Sehingga sangatlah jelas bahwa Alkitab adalah Firman Allah yang harus kita baca dan dalami setiap hari. Karena Alkitab adalah sumber pengetahuan, karena Alkitab menuntun kita kepada Keselamtan, dan Alkitab dapat memperbaiki kelakuan hidup kita agar kita menjadi orang yang kuat dalam iman. Kita adalah raja yang memerintah bersama Yesus Kristus di dunia ini.  Maukah saudara ingin membaca Alkitab Setiap hari?