Jumat, 03 Juli 2020

Analisa Sederhana Pengakuan Iman Westminster (1647) Bab 10

Sebagai salah satu pengakuan iman Westminster yang hadir pada tahun 1647. Dan terus diharapkan untuk dapat melayani gereja yang ada di abad ke-21. Berikut merupakan analisa yang disandur dalam buku karya G. I. Williamson berjudul Pengakuan Iman Westminster yang ada di website Momentum. Jadi jika ingin membaca details lebih lengkapnya alangkah baiknya untuk membuka dan membeli di website Momentum.

Westminster
Westminster
Gambar oleh skeeze dari Pixabay --- Westminster
Sebelumnya merupakan Analisa Sederhana Pengakuan Iman Westminster (1647) Bab IX.

Berikut di bawah ini Analisa sederhana dari Pengakuan Iman Westminster Bab X mengenai Panggilan Efektif

Bab X Panggilan Efektif

1. Semua orang yang telah Allah predestinasikan untuk kehidupan, dan hanya mereka saja, Dia berkenan untuk memanggil secara efektif pada waktu yang telah diterapkan dan disetujui-Nya melalui firman dan Roh-Nya, agar keluar dari kondisi dosa dan maut di mana mereka berada sesuai natur mereka, menuju anugerah dan keselamatan Yesus Kristus;  mencerahkan akal budi mereka secara rohani dan menyelamatkan untuk memahami perkara-perkara Allah, mengambil hati mereka yang dari batin, dan memberikan kepada mereka hati dari daging, memperbarui kehendak mereka, dan dengan kemahakuasaan-Nya menentukan mereka kepada hal-hal yang baik, dan secara efektif menarik mereka kepada Yesus Kristus, akan tetapi, mereka datang menurut kebebasan mereka setelah anugerah-Nya menjadikan mereka bersedia.
2. Panggilan efektif ini adalah anugerah Allah yang bebas dan khusus, bukan berasal dari sesuatu apapun yang ada di dalam pra-penglihatan-Nya tentang manusia, yang mana manusia dalam hal ini hanyalah bersifat pasif secara keseluruhan, sampai saat dihidupkan dan diperbaharui oleh Roh, barulah dia dimampukan untuk menjawab panggilan ini dan untuk merangkul anugerah yang ditawarkan untuk disalurkan ke dalam panggilan itu.

Analisa Bab X artikel 1 - 2
Dalam bagian ini Pengakuan Iman mengajarkan kepada kita : 
  1. siapa yang dipanggil secara efektif;
  2. kapan itu terjadi;
  3. sarana yang dipergunakan;
  4. dari kondisi moral dan rohani seperti apa;
  5. menjadi kondisi moral dan rohani seperti apa;
  6. dalam cara apa mereka dipanggil secara efektif; dan
  7. bahwa panggilan efektif, dan;
  8. bahwa panggilan efektif ini seluruhnya berasal dari Allah.

3. Bayi-bayi yang merupakan kaum pilihan, yang mati pada usia balita, dilahirbarukan dan diselamatkan oleh Kristus, melalui Roh yang berkarya kapan pun, dimana pun, dan dengan cara yang dikehendaki-Nya; demikian juga bagi semua kaum pilihan lainnya yang tidak bisa dipanggil secara lahiriah melalui pelayanan Firman.

Analisa Bab X artikel 3
Bagian Pengakuan Iman ini mengajarkan kepada kita :
  1. bahwa terdapat sejumlah manusia yang "tidak bisa dipanggil secara lahiriah melalui pelayanan Firman.";
  2. bahwa dari mereka mungkin ada kaum pilihan, dan;
  3. dalam kasus-kasus seperti itu, Roh Kudus bekerja kapan pun, di mana pun, dan dengan cara apa pun sesuai kehendak-Nya.

4. Orang-orang lain yang bukan kaum pilihan, meskipun mereka mungkin terpanggil melalui pelayanan Firman, dan mungkin memiliki karya umum Roh, akan tetapi mereka tidak akan pernah sungguh-sungguh datang kepada Kristus dan oleh karena itu tidak bisa diselamatkan. Mereka yang tidak mengakui agama Kristen tidak bisa diselamatkan dengan cara apa pun, walaupun mereka begitu bertekun untuk membentuk kehidupan mereka seturut terang pernyataan alam dan hukum dari agama-agama yang mereka akui. Menyatakan dan mempertahan pandangan bahwa orang-orang demikian mungkin selamat merupakan hal yang sangat merusak dan harus ditolak dengan rasa jijik.

Analisa Bab X artikel 4
Bagian Pengakuan Iman ini mengajarkan kepada kita :
  1. bahwa manusia yang tidak dipilih tidak akan diselamatkan;
  2. karena mereka tidak akan datang kepada Kristus;
  3. meskipun mereka telah mendengar Firman Allah dan telah dipengaruhi secara luar biasa oleh kuasa supernatural, dan;
  4. bahwa terang dari wahyu alam tidak bisa memberikan kepada orang yang belum mendengarkan Injil suatu dasar bagi iman yang menyelamatkan, oleh karena mereka tidak memiliki Allah dan tidak memiliki pengharapan.


Next Lanjut pada Analisa Sederhana Pengakuan Iman Westminster Bab XI.

Sumber :
Williamson, G. I. 2017. Pengakuan Iman Westminster. Surabaya: Momentum.

Sumber :Gambar oleh skeeze dari Pixabay --- Westminster